Friday, March 14, 2014

Cepet sehat, ayah :(

Satu hal yang bikin hati ini sedih bukan main adalah ketika ngeliat orang tua kita sakit, seandainya rasa sakitnya itu bisa dituker ke badan kita rasa-rasanya hati ini lebih bisa ikhlas nerimanya, tapi pastinya Allah punya tujuan lain karena yang memberikan rasa sakit tentunya hanya DIA, dan yang dapat mengangkat sakit itu sendiri tentu hanya Allah.
Hanya bisa berusaha, ikhtiar dan berdoa semoga ayah lekas pulih dan kembali seperti dulu.
Ayah yang ceria, ayah yang rame, ayah yang suka godain anak-anaknya sampe anaknya mara-marah, ayah yang suka ngerebut Hp anaknya cuma buat browsing dan main facebook, ayah yang selalu sms di atas jam8 malem kalo anaknya belum dirumah, ayah yang suka maksa nyium pipi anaknya sebelum tidur kadang anaknya malah marah-marah ga mau dicium karena merasa sudah besar. Ya Allah semiggu sudah ayah sakit, kangen rasanya becanda lagi sama ayah, Engkau tahu Ya Allah betapa banyak orang yang sayang sama ayah, kiranya Engkau dapat segera memulihkan kembali kondisi ayah hamba.
"Hanya kepada Engkau Ya Allah kami meminta dan hanya kepada Engkau Ya Allah kami memohon pertolongan."
..........................................................

Tepatnya kamis malam tanggal 06 Maret 2014, 2 hari menjelang hari pernikahan kakak gw.
Ayah mengeluh pusing, sebenarnya gw rasa pusingnya ini udah lama tapi ga dirasa aja sama ayah.
Kamis malam ayah tiba-tiba berubah jadi linglung, ayah lupa sama banyak hal, bahkan ayah lupa sama saudara-saudaranya sendiri :(
Panik, khawatir, sedih, semua jadi satu, ayah dibujuk kedokter tapi ga mau.
Ayah gw emang tipikal yang agak keras kepala kalau disuruh ke dokter susahnya minta ampun.

Hari pernikahan kakak gw pun tiba,
Sempet khawatir ayah ga bisa jadi wali untuk menikahkan kaka, tapi disitu ayah seperti dikasih kemampuan untuk menolak saat penghulu bilang "Apakah mau saya wakilkan?" disitu ayah jawab pelan-pelan "Engga, biar saya yang lakukan" kemudian ayah baca tulisan dikertas kalimat "Saya nikahkan engkau bla bla bla.."
ayah sempet salah baca, akhirnya penghulu disamping ngerangkul ayah sambil ngebisikin kalimatnya.
Gw disitu cuma bisa nangis ngeliat kondisi ayah.

Sabtu malam selesai acara, gw dan kk-kk gw serta saudara-saudara yang lain sepakat buat maksa ayah ke dokter keesokan harinya karena pasti ada yang salah dengan ayah sampe ayah bisa lupa akan banyak hal dan perilaku nya jadi lebih kaya anak kecil, terus kebanyakan diem kaya ada banyak hal yang dipikirin sama ayah.

Minggu ade-ade nya bokap kumpul dirumah ngebujuk bokap supaya mau ke RS.
Lagi-lagi ayah tetep keras ga mau.

Senin, gantian saudara dari nyokap yang dateng buat ngebujuk ayah ke RS tetep masih ga mau,.
Gw, nyokap serta kaka-kaka gw udah sedikit pasrah sama kelakuan ayah yang kekeuh ga mau ke dokter.
Setiap kali dibujuk bokap gw selalu  bilang "Ayah gak apa-apa" :(

Dari hari senin gw balik cepet terus dari kantor, khawatir sama ayah yang jadi lebih sering diem dan bengong kalo dirumah ditambah makannya susah, gw dan kk gw mikirin cara lain, ayah ga bisa terus begini.
ayah harus dipaksa ke dokter, terlintas ide dari kaka gw buat manggil ambulance dari RS terdekat biar dijemput aja, tapi khawatir ayah jadi marah nanti tensinya naik dan itu bahaya bgt.

Selasa sore semua kaka gw kumpul, kita berunding pokonya malem ini ayah bener-bener harus di bawa ke RS, jangan sampe ditunda lagi.
Akhirnya setelah adzan isya kita duduk bareng, ngebujuk ayah lagi dan lagi, ayah tadinyaa masih tetep ga mau, tapi terus kita paksa sampe semuanya pada nangis karena ayah terus nolak dan akhirnya alhamdulillah Allah membuka pintu hati ayah, dan ayah akhirnya mau ke RS.
Pas ayah mau kita langsung cuss sesegera mungkin ke RS.
Ayah kita daftarin ke Dr spesialis dalam, karena kebetulan Dr Syaraf nya sudah pulang.
Setelah ketemu Dr nya, dikasih penjelasan dan ayah diharuskan citiscan otak.
Oke kita lakuin, ayah kalo udah di RS jatohnya pasrah, enggak kaya dirumah nolak terus.
Selasa malem ayah di bawa ke Radiologi buat di citiscan, terus harus dirawat inap.
Besoknya ayah dioper ke Dr syaraf, hasil citiscan menunjukan bahwa memang terjadi penyumbatan darah di otak yang menganggu bagian memory dan perilaku, penyumbatan itu terjadi akibat hipertensi ayah.

Ya Allah setelah denger penjelasan dokter rasanya hati sedih tapi lega setidaknya dokter menjelaskan bahwa ini bisa disembuhkan namun memang perlu kesabaran, karena ayah belum bisa langsung inget semuanya, perlahan-lahan namun hrs tetap didampingi, terus diajak komunikasi supaya otaknya lebih aktif.

Sekarang ayah udah mulai inget sedikit-sedikit, tapi ayah paling susah mengingat nama.
Manggil anaknya aja kadang lupa, Ya Allah aku yakin ada hikmah dibalik ini semua.
Aku yakin Ya Allah tujuan Engkau memberikan cobaan ini agar kami berlatih sabar. 
Terima kasih Ya Allah Engkau mengajarkan kepada kami betapa kami harus menghargai dan menyayangi orang tua kami disaat mereka sehat.
Tidak ada daya atau upaya selain atas izin Engkau Ya Allah, Engkau mengizinkan sakit ini menimpa ayah kami, maka kami mohon Ya Allah Engkau izinkan ayah kami untuk sembuh secepatnya, kembalikan ayah kami seperti dulu Ya Allah.
Angkat sakitnya Ya Allah, berikan ingatannya kembali normal seperti dulu.

Aamiin Ya Allah.
Al-Fatihah







No comments:

Post a Comment